Pasar Meriah Disperindag Siapkan Mobil Tukar Uang Baru

Jatim – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jatim  menyiapkan mobil tempat tukar uang baru untuk Lebaran di arena gebyar pasar meriah kreatif. Selain ada penukaran uang baru, di pasar meriah disediakan pula sembako harga murah mulai beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, telur dan daging ayam ras dan aneka makanan minuman untuk Lebaran.  
 
Para ASN dan karyawan di sekitar Kantor Disperindag Jawa Timur bersama masyarakat umum berjajar rapi di depan mobil keliling Bank Indonesia untuk menukarkan pecahan seratus ribu rupiah maupun lima puluh ribu rupiah dengan uang baru pecahan 1000, 2000, 5000, 10.000 dan 20.000. Mereka rela mengantri untuk bisa menukarkan uang, di halaman Kantor Disperindag Jawa Timur
 
Walaupun penukaran dijadwalkan pukul 09.00 WIB, namun, mobil keliling BI baru tiba di lokasi pukul 10.00 WIB. Meski demikian, para pengantri tetap semangat menunggu giliran.
 
Beberapa pengantri berupaya mengurangi sengatan matahari. Ada yang membawa payung. Ada pula yang menutupi kepalanya dengan koran. Petugas BI tampak berusaha melayani dengan cepat. Sehingga, pengantri tidak menunggu terlalu lama.
 
Berdasarkan surat edaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia, layanan penukaran yang disediakan adalah 1 bundel Rp 2 juta untuk pecahan Rp 20 ribu. Kemudian, 1 bundel Rp 1 juta untuk pecahan Rp 10 ribu, 1 bundel Rp 500 ribu ditukarkan dengan pecahan Rp 5 ribu, dan 1 bundel Rp 200 ribu untuk pecahan Rp 2 ribu serta 1 bundel Rp 100 ribu untuk ditukar dengan pecahan Rp 1 ribu.
 
“Penukaran uang maksimal dibatasi Rp 3,7 juta untuk setiap orang pengantri,” ujar  Kepala Seksi Stabilisasi Barang Pokok dan Penting Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Jawa Timur, Tri Subiyantoro, Jumat (25/5).
 
Untuk pelayanan di pasar meriah kreatif Disperindag Jawa Timur hanya bisa dimanfaatkan bagi 100 orang pengantri saja. Bagi yang belum kebagian, BI akan kembali membuka layanan yang sama. Namun, dengan waktu dan lokasi berbeda. Selain itu, penukaran uang pecahan juga dapat dilakukan di bank-bank terdekat dan ditunjuk oleh BI. ( Yok/Ning )