Imigrasi Perketat Pengawasan Warga Datang dari Negara Konflik

Jatim – Maraknya aksi terorisme membuat Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Jatim melakukan upaya pengetatat pengawasan. Khususnya bagi WNI yang hendak berangkat atau datang dari negara konflik yang terlibat aksi teror.

“Kami akan melakukan pengawasan kepada warga-warga yang berangkat dan datang dari negara-negara konflik. Pengetatan pengawasan itu dilakukan dengan memantau pengeluaran paspor bagi WNI sejak dari kantor imigrasi,” kata Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim, Zakaria, Rabu (23/5).

Langkah itu, lanjut dia, merupakan bentuk antisipasi guna menjaga keamanan wilayah Jawa Timur pasca tragedi bom bunuh diri di wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Banyaknya warga yang terindikasi terlibat jaringan kelompok teror atau berpaham radikalisme, kata dia, tak lepas dari kunjungan ke negara yang tengah mengalami konflik.

Selain perketat pengawasan saat penerbitan paspor baru atau perpanjangan, pihaknya juga mengoptimalkan pengawasan di bandara. Dalam hal itu, pihak imigrasi tetap memantau warga yang berangkat dan datang dari dan menuju negara konflik.

“Wilayah kami pada aspek perizinan penerbitan paspor. Untuk pengawasan tak hanya untuk warga negara asing, melainkan juga untuk WNI. Ini hanya sebagai upaya antisipasi,” tukasnya. ( Yok/Ning )